Nano Ceramic adalah jenis pelapis yang digunakan untuk melindungi berbagai permukaan dari kerusakan, termasuk permukaan otomotif seperti cat, kaca, dan velg. Nama “nano” mengacu pada ukuran partikel keramik yang sangat kecil yang membentuk lapisan. Partikel kecil ini mampu menembus ke dalam pori mikroskopis permukaan dan menciptakan penghalang yang melindungi dari kerusakan akibat faktor lingkungan seperti sinar UV, hujan, dan kotoran jalan.

Beberapa jenis produk keramik nano yang umum antara lain:

Cat: Lapisan keramik nano jenis ini diterapkan pada bagian luar kendaraan untuk melindungi cat dari pemudaran, oksidasi, dan bentuk kerusakan lainnya.

Kaca: Lapisan keramik nano jenis ini diterapkan pada kaca depan dan jendela kendaraan untuk melindungi dari kerusakan akibat hujan, salju, dan puing-puing jalan.

Roda: Lapisan keramik nano jenis ini diterapkan pada roda kendaraan untuk melindungi dari debu rem, kotoran jalan, dan bentuk kerusakan lainnya.

Manfaat menggunakan produk keramik nano meliputi peningkatan daya tahan, peningkatan kilap dan kilap, serta berkurangnya persyaratan perawatan. Namun, penting untuk mengikuti petunjuk produsen dengan hati-hati saat mengaplikasikan produk keramik nano untuk memastikan permukaan disiapkan dengan benar dan pelapisan diterapkan dengan benar.

Simak Proses Memasang Nano Ceramic

Metode pengaplikasian lapisan keramik nano akan bervariasi tergantung pada produk tertentu yang Anda gunakan dan permukaan tempat Anda mengaplikasikannya. Namun, berikut ini adalah proses umum yang biasa dilakukan untuk mengaplikasikan lapisan keramik nano:

Persiapan: Bersihkan dan keringkan secara menyeluruh permukaan yang ingin Anda aplikasikan nano ceramic coating. Ini akan memastikan bahwa pelapis melekat dengan benar dan kotoran atau kotoran apa pun tidak mengganggu aplikasi.

Menerapkan lapisan: Kocok botol lapisan keramik nano dengan baik dan kemudian keluarkan sedikit ke aplikator busa. Sebarkan lapisan secara merata di atas permukaan, pastikan untuk menutupi semua area secara menyeluruh.

Tunggu sampai sembuh: Biarkan lapisan mengering untuk jangka waktu tertentu, biasanya beberapa jam hingga semalaman. Waktu pengerasan akan bervariasi tergantung pada produk tertentu yang Anda gunakan, jadi pastikan untuk mengikuti petunjuk produsennya.

Gosok kelebihannya: Gunakan kain mikrofiber bersih untuk menggosok dengan lembut lapisan berlebih yang belum mengering ke permukaan.

Ulangi: Ulangi proses untuk lapisan tambahan jika diinginkan, tetapi pastikan untuk mengikuti petunjuk produsen untuk mengetahui jumlah lapisan yang dapat diterapkan.

Catatan: Penting untuk mengikuti petunjuk produsen dengan hati-hati saat mengaplikasikan lapisan keramik nano, karena produk yang berbeda mungkin memiliki metode aplikasi atau waktu curing yang berbeda. Selain itu, beberapa pelapis keramik nano mungkin memerlukan peralatan khusus atau pelatihan khusus untuk diterapkan, jadi pastikan untuk meneliti produk tertentu yang Anda gunakan sebelum memulai proses aplikasi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *