Nano ceramic adalah material yang terbuat dari partikel keramik dengan ukuran dalam skala nanometer (biasanya 1-100 nm). Bahan-bahan ini menunjukkan sifat fisik, kimia, dan mekanik yang unik karena ukurannya yang kecil dan luas permukaan yang tinggi. Mereka digunakan dalam berbagai aplikasi seperti katalis, pengiriman obat, penyimpanan energi, dan implan biomedis karena stabilitas termal yang tinggi, ketahanan kimia, dan biokompatibilitas. Perkembangan metode sintesis baru dan kemampuan untuk mengontrol struktur dan komposisi keramik nano telah memperluas penggunaannya di berbagai bidang.

Lapisan keramik nano adalah lapisan tipis bahan keramik yang diaplikasikan pada substrat untuk meningkatkan sifat-sifatnya. Lapisan biasanya dalam kisaran beberapa nanometer hingga beberapa mikron tebal dan diterapkan menggunakan metode seperti deposisi uap fisik, deposisi uap kimia, atau pemrosesan sol-gel.

Nano Ceramic Bagi Mobil

Pelapis keramik nano digunakan dalam berbagai aplikasi karena sifatnya yang unik, termasuk dalam dunia perawatan mobil sendiri.

Hal ini mengingat bagian luar atau exterior sendiri adalah hal yang paling riskan dan mungkin bisa menerima banyak kerusakann jika tida di berika perlindungan yang berfungsi secara baik.

Manfaat nano ceramic sendiri bagi permukaan mobil, diantaranya adalah:

Meningkatkan kekerasan permukaan dan daya tahan
Meningkatkan ketahanan terhadap korosi dan abrasi
Mengurangi gesekan dan keausan
Meningkatkan ketahanan panas
Meningkatkan ketahanan UV
Memberikan permukaan hidrofobik (menolak air) atau hidrofilik (menarik air).
Contoh pelapis keramik nano termasuk titanium nitrida (TiN), titanium karbida (TiC), dan pelapis karbon seperti berlian (DLC). Pelapis ini digunakan di berbagai industri, seperti otomotif, dirgantara, dan teknik biomedis.

Pastinya dengan melihat hal yang dimiliki oleh nano ceramic sendiri, bisa memberikan berbagai manfaat untuk permukaan mobil. Ini lah yang menjadi sebab mengapa penggunaan nano ceramic dalah perawatamn mobil khusunya, dipilih sebagai material yang banyak di sukai.

Mobil akan tetap terjaga penampilannya karena menggunakan bahan yang satu ini. Kinclong, mulus serta cat yang tetap awet terjaga. Ini semua diakibatkan oleh lapisan peindung atau coating yang sudah di aplikasikan pada permukaan mobil.

Apakah Anda berminat menggunakan bahan material yang satu ini?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *